Polisi yang Menginspirasi Hingga ke Pinggiran

HUMAS RESKUKAR – Mencerdaskan kehidupan bangsa bukan saja tanggung jawab guru di sekolah tapi seluruh elemen Masyarakat, Senin pagi kemarin (26/9) suasana berbeda di Sekolah SD 032 Tenggarong pinggiran yang terletak di jalan Anggana Kelurahan Panji yang minim sarana itu mendadak dikunjungi aparat penegak hukum seperti Polisi.

Kehadiran sosok Polisi tersebut adalah Bripka Sasmita Darmaji sosok polisi muda yang rela menempuh perjalanan jauh dari Muara Kaman untuk sekedar beberapa jam mengajar anak murid kelas IV SD 032,  dalam kegiatan tersebut tidak hanya Bripka Sasmita Darmaji yang turut hadir akan tetapi dari berbagai profesi seperti Jaksa, Dosen, Apoteker hingga Pengarang cerita yang mana kehadiran mereka bukan untuk memperlihatkan keahlian mereka masing-masing tujuan utama kedatangan mereka hanya satu yakni menginspirasi 71 murid SD 032 Tenggarong tersebut.

Bagi Bripka Sasmita Darmaji mengajar dalam kelas inspirasi merupakan pengalaman pertamanya. Ia mengaku sempat grogi mengajar di hadapan anak-anak SDN 032 Tenggarong.

“Saya sempat grogi meskipun yang dihadapi anak-anak, padahal saya sering memberikan penyuluhan kepada pelajar SMP dan SMA,” tuturnya. Sehari-hari Bripka Sasmita bertugas sebagai Bhabinkamtibmas di Desa Bukit Jering, Kecamatan Muara Kaman, Kukar. “Tapi tadi seru mengajar anak-anak,” ujarnya. Dalam kelas inspirasi kemarin, Bripka Sasmita mengingatkan anak-anak agar tidak mengendarai motor dulu sebelum memiliki SIM. Mereka juga dikenalkan pada perlengkapan berkendaraan, seperti penggunaan helm.

Bripka Sasmita tertarik untuk bergabung dalam kelas inspirasi sebagai inspirasi karena diajak rekannya, salah satu pamong saka bhayangkara. Lagipula, kegiatan kelas inspirasi ini tidak jauh dari tugasnya sehari-hari sebagai penyuluh. “Saya senang anak-anak tampak antusias mendengarkan saya tadi, meskipun pada awalnya mereka tegang. Anak-anak juga banyak yang ingin bercita-cita jadi polisi,” kata ayah dari 2 orang anak ini. Ia sendiri membangkitkan semangat anak-anak untuk terus mengejar cita-cita mereka. (Dik25)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

thirteen − eight =