Polres Kukar

Polres Kutai Kartanegara Gelar Pasukan “ Operasi Zebra Mahakam 2016 “

Polres Kukar

Waka Polres Kukar Kompol Andre Anas saat menyematkan Pita tanda dimulainya Operasi Zebra Mahakam 2016, dihalaman Mapolres Kukar

HUMAS RESKUKAR – Kepolisian Resor Kutai Kartanegara melaksanakan apel gelar pasukan Operasi Zebra Mahakam 2016 di lapangan depan Mapolres Kukar, Rabu (16/11/2016).

Dipimpin oleh Waka Polres Kutai Kartanegara Kompol Andre Anas, S.Ik , gelar pasukan Operasi Zebra Mahakam 2016 yang akan berlangsung mulai tanggal 16 sampai dengan 29 Nopember 2016 ini melibatkan dari beberapa instansi diantaranya dari TNI, Polri, Dishub dan Satpol PP.

Pada kesempatan itu, Kapolres Kutai Kartanegara AKBP Fadillah Zulkarnaen yang diwakili oleh Waka Polres Kutai Kartanegara Kompol Andre Anas, S.Ik selaku pimpinan apel membacakan amanat dari Kepala Korps Lalu lintas Polri yang pada intinya mengajak kepada seluruh stake holder untuk mampu mempersiapkan langkah-langkah antisipasi, baik secara taktis teknis maupun strategis agar potensi pelanggaran, kemacetan serta kecelakaan lalu lintas yang terjadi bisa di minimalisir sehingga tercipta kamseltibcarlantas yang mantap.

Dalam catatan Polri, perlu diketahui bersama data jumlah kecelakaan lalu lintas pada pelaksanaan operasi zebra tahun 2015 sejumlah 1.895 kejadian mengalami penurunan 375 kejadian -17%. Dibandingkan periode yang sebelumnya tahun 2014 sejumlah 2.270 kejadian. Jumlah korban meninggal dunia operasi zebra tahun 2015 sejumlah 365 orang mengalami penurunan sejumlah 89 orang atau 20% dibandingkan periode yang sebelumya di tahun 2014 sejumlah 454 orang, jumlah pelanggaran lalu lintas operasi zebra tahun 2015 sejumlah 634 orang. Jumlah pelanggaran lalu lintas tahun 2015 sejumlah 684.973 pelanggaran dengan jumlah tilang sebanyak 550.772 lembar dan teguran sejumlah 23.515 lembar.

“ Mencermati ledakan yang terjadi di Samarinda di sebuah Gereja Oikumene di Jalan Cipto Mangunkusumo, Kelurahan Sengkotek, Samarinda Seberang , kami ingatkan pada seluruh anggota kami agar lebih waspada kemudian ketika pelaksanaan Operasi Zebra oleh Satuan Lalu Lintas akan didampingi oleh Satuan Sabhara yang dipersenjatai untuk mengantisipasi ancaman Terorisme “, tambahnya.

Kasatlantas Polres Kutai Kartanegara AKP Afrian Satya Permadi menekankan kepada seluruh personelnya untuk tetap mewaspadai terhadap ancaman terorisme, “Kejadian kemarin di Samarinda, kita tetap antisipasi agar wilayah Kukar aman dari ancaman teroris. Kita tidak boleh takut, tidak boleh sombong dan takabur, tapi kita harus waspada,” kata AKP Afrian Satya Permadi usai Gelar Pasukan Dalam Rangka Operasi Zebra.

“ Operasi ini bertujuan untuk mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran dalam berlalu-lintas (Kamseltibcar Lantas) dan kepatuhan masyarakat terhadap lalu-lintas, mengingat angka lakalantas di Kukar masih tinggi, adapun sasaran dari pelanggaran operasi zebra meliputi, pelanggaran rambu lalu-lintas, pelanggaran batas kecepatan, melawan arus lalu lintas khususnya kendaraan roda dua, ucapnya.

“ Sedangkan operasi zebra ini bertujuan untuk meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu-lintas di jalan raya, meminimalisasi pelanggaran dan lakalantas, serta menurunnya tingkat fatalitas (kematian) korban lakalantas, tutup AKP Afrian Satya Permadi.(Dik25)

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eleven − 6 =