Tim Cerdas Cermat Sat Lantas Polres Kukar Raih Juara 3 Tingkat Provinsi

SMA Negeri 3 Tenggarong seberang saat meraih Juara 3 dalam perlombaan cerdas cermat tingkat provinsi

SMA Negeri 3 Tenggarong seberang saat meraih Juara 3 dalam perlombaan cerdas cermat tingkat provinsi

HUMAS RESKUKAR – Untuk membangunkan peradapan yang bermoral bagi generasi muda, banyak cara untuk memajukan dan mencerdaskan anak bangsa salah satunya perlombaan cerdas cermat jenjang SMA, SMK tingkat Provinsi yang diselenggarakan oleh Direktorat Lalu Lintas Polisi Kalimantan Timur ( Polda Kaltim ) bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Timur, bertempat diruang Ballroom Hotel Benakutai Balikpapan, Kamis (4/11/2016).

Dalam perlombaan tersebut diikuti dari 13 tim peserta, tim lomba cerdas cermat Sat Lantas Polres Kukar meraih peringkat 3 yaitu SMA N 3 Tenggarong seberang, untuk juara 1 diraih oleh SMA N 2 Sanggata Utara dan juara 3 diraih SMA N 1 Tanah Grogot.

Keberhasilan Tim ini tidak lepas dari dukungan Kapolres Kapolres Kukar AKBP Fadillah Zulkarnaen, Kadis Pendidikan Kabupaten Kukar maupun kegigihan Kasat Lantas Polres Kukar AKP Afrian Satya Permadi, Guru pembimbing dan personel Sat Lantas Polres Kukar, khususnya unit Dikyasa Sat Lantas Polres Kukar memberikan pembinaan, pengetahuan UU no.02 tahun 2009 tentang lalulintas dan angkutan jalan.

Materi cerdas cermat secara spesifik meliputi Ketentuan penggunaan SIM (Surat Izin Mengemudi), ketentuan pengemudi, penggolongan kendaraan, rambu lalu lintas, isyarat pengatur lalu lintas, bagaimana cara berpindah jalan dan sanksi bagi pelanggar lalu lintas.

Kapolres Kukar AKBP Fadillah Zulkarnaen mengatakan “ untuk tim cerdas cermat Sat Lantas Polres Kukar diwakili 2 Tim yaitu dari SMA N 1 Tenggarong dan SMA N 3 Tenggarong seberang,  yang mana dalam lomba ini adalah program Direktorat Lalu Lintas Polisi Kalimantan Timur, Selain itu, lomba ini diadakan untuk memicu kepedulian Pelajar-pelajar di Provinsi Kalimantan Timur terhadap pengetahuan Lalu lintas ”, ucapnya.

“Dari Soal-soal yang diujikan, secara tidak langsung para pelajar akan memahami dan belajar tentang pengetahuan Lalu linta,” tambahnya.

“Diharapkan dengan bertambahnya wawasan para pelajar tentang pengetahuan Lalu lintas, dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Setidak-tidaknya menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas bagi diri sendiri maupun orang lain,” kata Perwira lulusan Akademi Kepolisian tahun 1997.

Kapolres Kukar AKBP Fadillah Zulkarnaen menambahkan “ Keberhasilan ini juga tidak lepas dari peran orang tua yang memberi motivasi untuk berprestasi. Para orang tua sangat mengapresiasi penyelenggaraan lomba cerdas cermat ini, mereka berharap lomba ini terus diadakan, sehingga dapat membina serta menumbuhkan perbedaan pendapat sejak dini secara konstruktif dalam memahami tertib berlalu lintas dan semakin menambah wawasan bagi para pelajar. Tutupnya (Dik25)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 × two =