Polres Kukar

Angka Lakalantas Menurun Sepanjang 2016

Polres Kukar

Kasatlantas Polres Kukar AKP Afrian Satya Permadi

HUMAS RESKUKAR – Angka kecelakaan lalu lintas (lakalantas) di Kukar turun dibandingkan tahun lalu, Tahun ini jumlah lakalantas di wilayah Polres Kukar mencapai 133 kasus, sedangkan tahun lalu sebanyak 142 kasus, sedangkan korban meninggal dunia justru meningkat, tahun ini berjumlah 43 orang sedangkan tahun lalu 34 orang.

Kapolres Kukar, AKBP Fadillah Zulkarnaen mengatakan, lokasi rawan lakalantas berada di sekitar kawasan Bukit Soeharto, Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara.

“Ini cukup memprihatinkan, jajaran polsek dan Satlantas sudah mengecek ke lokasi, kendalanya untuk rekayasa jalan semua dari provinsi bukan kabupaten,” ujar AKBP Fadillah Zulkarnaen dalam Rilis Akhir Tahun di Ruang Rapat Tri Brata Mapolres Kukar, Sabtu (31/12/2016).

Kasatlantas Polres Kukar AKP Afrian Satya Permadi mengatakan, faktor lakalantas ini ada 4 hal, yakni faktor manusia, kendaraan, sarana prasarana jalan, dan lingkungan atau cuaca.

“Hasil analisa dan evaluasi, penekanan Kapolda seringkali lakalantas akibat faktor manusia. Namun kami simpulkan dari beberapa kejadian disebabkan faktor kendaraan tidak laik jalan, ban tidak siap karena mulai tipis, fungsi rem kurang baik, muatan berlebih dan mesin tidak dalam kondisi baik,” jelasnya.

Sehingga ia mengimbau kepada seluruh pengendara untuk mengecek kondisi kendaraan sebelum bepergian.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 + 13 =