Jangan Ada Pungli Di Sekolahan, Waka Polres Kukar Berikan Sosialisasi Pencegahan Pungli

Polres Kukar

Ketua Tim Saber Pungli Kukar Kompol Andre Anas saat Sosialisasi Pencegahan Pungli dihadiri Kepala Sekolah SMP/MTS Kab. Kukar di Gedung Serbaguna SMAN 2 Tenggarong

HUMAS RESKUKAR  –  Tim Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) terus mengkampanyekan Gerakan berantas Pungutan Liar (Pungli) pasca dibentuknya tim ini pada pertengahan bulan Desember 2016 di di Aula Pendopo Bupati kukar.

Tim Satgas yang terdiri dari unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kabupaten Kukar Kali ini melakukan sosialisasi sapu bersih pungutan liar pada sekolah yang dihadiri kepala sekolah SMP/MTS di Gedung Serbaguna SMAN 2 Tenggarong, Jalan Pesut Tenggarong, Kamis (12/01/2017) pagi.

Sebagai Ketua Tim Satgas Saber Pungli Kabupaten Kukar, Waka Polres Kukar Kompol Andre Anas menekankan pentingnya dilakukan sosialisasi pencegahan pungutan liar ini, sebagai gebrakan Tim Saber Pungli untuk memberantas praktek-praktek pungutan liar yang semakin marak berkembang saat ini, meneruskan Perpres No 87 Tahun 2016 Tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar.

“Saya pikir, siapapun dari kita harus sepakat bahwa pungli adalah kejahatan yang sesungguhnya, segala praktek pungli dimanapun bisa terjadi salah satunya di sekolahan, seperti apa yang disampaikan oleh Kasat Binmas AKP Eko Achnanto  yang rawan terjadi pungli disekolahan seperti biaya les, biaya SPP, sumbangan pembangunan, iuran ulang tahun sekolahan, biaya daftar ulang, biaya persemester, biaya seragam sekolah dan yang terakhir pembelian buku LKS, dan Sekarang adalah era yang terbuka, segala praktek pungli akan dengan mudah terendus oleh siapapun yang menjadi korban ataupun terlibat didalamnya,” kata Waka Polres Kukar Kompol Andre Anas.

Kompol Andre Anas Juga mengatakan “ Satgas Saber Pungli Kukar akan menerapkan pola kerja berupa sosialisasi kepada seluruh instansi dan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang ada di Kukar selama dua bulan sejak bulan Januari sampai Februari 2017.  Setelah itu,  dibulan selanjutnya akan dilaksanakan penindakan. “Kita akan mulai mensosialisasikan kepada seluruh instansi dan SKPD selama dua bulan sejak Januari 2017  dan pada bulan ketiga yaitu Maret kita akan lakukan penindakan,” ucapnya.

“ Kemudian Tujuannya dilaksanakannya sosialisasi ini kami berharap kepada Kepala Sekolah khususnya SMP/MTS yang total ada 173, untuk memahami apa itu pungli dan kemudian dapat disampaikan kembali kepada guru dan pengurus disekolah masing-masing kemudian jangan sampai melakukan pembiaran apabila mengetahui atau mendapati pungli itu, jangan takut untuk melaporkan kekita “, ungkapnya.

Ia menambahkan “ upaya prefentif seperti ini sangat penting dilakukan sebagai pengetahuan apa itu pungli, dan apa saja yang dikategorikan pungli dan dampak dari pungli itu, kemudian kami semua Tim satgas saber pungli sudah berkomitmen untuk tidak akan segan-segan menindak tegas siapapun yang terbukti melakukan pungli dan kami harapkan partisipasi Kepala Sekolah semuanya mari bersama kita cegah hingga kedepan diwilayah kita khususnya di Kabupaten Kukar bener bener bersih dari segala bentuk Pungutan liar, harapnya (Dik25)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

7 − 2 =