Kasat Bimmas Polres Kukar hadir dalam Diskusi Publik mewakili Kapolres Kukar membahas Relokasi Pasar Tenggarong

Humas Reskukar – Pada sabtu tanggal 08 April 2017 pukul 09.00 wita bertempat Ruang Kuliah Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Kutai Kartanegara telah dilaksanakan Diskusi Publik dengan Tema ” Relokasi Pasar Tangga Arung solusi atau masalah untuk Tenggarong ? ”
Kegiatan dihadiri oleh :
–  Ir. Marli M.Si (Sekda Kab Kukar)
–  Prof Dr. Iskandar, M.Si (Guru Besar Ilmu Ekonomi Unikarta)
–  Dr. Sabran, SE. M.Si ( Rektor Unikarta )
–  Ir. Awang Yakub Luthman MM ( Pengamat dan Akademisi )
–  AKP Eko Achnanto (Kasat Binmas Polres kukar mewakili Kapolres Kukar
–  Wiyono (Kepala Bapeda Kab Kukar)
–   M Ridha ( Kabid Trantib Satpol PP)
–   Malik S ( Kabid Pasar )
–   Wawan Amuji ( Ketua Gerakan Pemuda Mahakam
–    Peserta diskusi dari mahasiswa dan Pedagang pasar sebanyak 130 orang
Diskusi Publik dengan Pembicara :
–     Ir. Marli M.Si (Sekda Kab Kukar)
–     Prof Dr. Iskandar, M.Si (Guru Besar Ilmu Ekonomi Unikarta)
–     Ir. Awang Yakub Luthman MM ( Pengamat dan Akademisi )
–     Misianto ( perwakilan Pedagang Pasar )
Adapun Rekomendasi dari hasil Diskusi Publik yang diselenggarakan oleh Aliansi Pemuda Kukar dan Universitas Kutai Kartanegara Tenggarong antara lain sebagai berikut :
Merekomendasikan kepada pemerintah daerah agar tidak melarang pedagang yang berjualan di tempat yang berizin (rumah atau lapak yang dibangun sendiri)lainnya yang tidak mengganggu ketertiban umum sebelum Pasar Mangkurawang benar-benar siap beroperasi.
Merekomendasikan kepada pemerintah daerah agar tidak tebang pilih dalam menertibkan pedagang yang tidak berizin, tidak hanya pedagang kecil yang ditertibkan, tapi juga pedagang yang berjualan di pusat kota dan tempat-tempat lainnya yang melanggar ketertiban umum.

Dalam menjalankan kebijakan pemindahan pasar dan kebijakan-kebijakan lainnya yang berhubungan dengan masyarakat, diharapkan kepada pemerintah daerah terlebih dahulu ada komunikasi dan perencanaan yang matang.

Merekomendasikan kepada pemerintah daerah dan pihak kepolisian untuk mengadili orang-orang yang “bermain” dibalik pemindahan Pasar Tangga Arung ke Pasar Mangkurawang.

Merekomendasikan kepada pemerintah daerah untuk membangun pasar baru (minimal 3 pasar baru).

Meminta kepada pemerintah daerah agar   menertibkan pasar malam/pasar kaget beroperasi dengan syarat dilakukan pengaturan dan pengelolaan secara profesional.
Merekomendasikan kepada pemerintah daerah untuk menyiapkan transportasi murah untuk konsumen/masyarakat pada titik-titik tertentu bagi yang ingin berbelanja/berjualan di Pasar Mangkurawang.
Meminta kepada pemerintah daerah untuk menghentikan perluasan pembangunan Pasar Mangkurawang dan mengalihkan pemanfaatan dana pembangunan pasar untuk membangun pasar baru dilokasi yang berbeda.
Meminta kepada pemerintah daerah untuk menyiapkan gudang agar dimanfaatkan untuk menampung kebutuhan masyarakat seperti beras, bawang, cabai, dll.
Meminta kepada pemerintah daerah untuk mendata kualitas produk yang dijual pedagang, supaya pedagang tidak menjual produk yang sama dalam jumlah yang banyak.
Pemerintah daerah untuk membuat koperasi pedagang untuk simpan pinjam bagi masyarakat/pedagang, dengan bunga yang terjangkau dan syarat-syarat peminjaman yang tidak memberatkan pedagang/masyarakat.
Meminta kepada pemerintah daerah agar tidak melarang penjual yang berjualan keliling.
Meminta kepada pemerintah daerah dalam melakukan penertibkan lapak dengan mengedepankan aturan yang berlaku.
Meminta kepada pedagang agar mentaati pada aturan dan kebijakan yang dikeluarkan pemerintah daerah.
Meminta kepada pedagang agar berjualan dengan tertib, mengikuti aturan pemerintah daerah.
Meminta kepada pemerintah daerah agar mengelola Pasar Mangkurawang dan kepada pedagang/warga untuk membantu pemerintah mengembangkan dan menertibkan pasar tersebut.

Rekomendasi ditanda tangani oleh para pejabat yg hadir selanjutnya diseràhkan kpd Bupati Kukar.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

20 − eleven =