Polsek Sangasanga Polres Kukar Hadir Saat Malam Minggu Guna Beri Rasa Aman Terhadap Masyarakat Melalui Kegiatan Operasi Cipta Kondisi


Polda Kaltim – Polsek Sangasanga –
Seluruh Polsek Jajaran Polres Kukar menggelar razia Operasi Cipta Kondisi (Ops Cipkon) secara serentak saat malam Minggu, Kegiatan ini dilakukan sebagai langkah preventif untuk pencegahan dan mengantisipasi gangguan kamtibmas maupun tindak kejahatan jalanan jelang Akhir pekan.


Hal serupa yang juga di gelar oleh Polsek Sangasanga dengan kegiatan Ops Cipkonnya, Sabtu(22/07) kegiatan dimulai sekira  jam 21.00 wita dipimpin langsung Kapolsek Sangasanga Iptu Rinang P, SH didampingi oleh Kanit Reskrim dan kanit Binmas dengan kekuatan 14 Personil.

Sebelum pelaksanaan kegiatan Ops Cipkon tersebut wajib dilakukan Apel persiapan pelaksanaan, bertujuan mengetahui Kekuatan Personil dalam kegiatan apel tersebut selaku yang memimpin kegiatan Kapolsek  Sangasanga Iptu Rinang P, SH memberikan Pengarahan yang cukup, Sasaran yang akan menjadi target dan Cara bertindaknya bagaimana ?.

Sebelum menutup pelaksanaan apel persiapan Ops Cipkon Kapolsek dan seluruh personil yang hadir dalam apel tak lupa berdoa kepada tuhan yang maha kuasa agar dalam pelaksanaan hingga berakhirnya kegiatan nantinya selalu diberi kemudahan dan keselamatan, Amin.

Kegiatan Cipta Kondisi saat malam Minggu ini bertindak dengan cara Petugas Cipkon menyisir pada pasar malam kel. Pendingin dengan sasaran jukir liar, melakukan pembinaan terhadap anak2 remaja tentang NARKOBA dan PORNOGRAFI situasi arus lalin sepi yg kemudian di lanjutkan patroli di sekitar wilayah Kel. Pendingin.

Petugas Cipkon melanjutkan patroli di Monumen sangasanga di Kel. Jawa dan ditemukan anak remaja sedang berkumpul di tempat gelap dan setelah dilakukan pemeriksaan tidak ditemukan hal-hal yang mencurigakan kemudian diberikan arahan agar pulang kerumah masing-masing untuk menghindari terjadinya tindak pidana.

Petugas cipkon melanjutkan Patroli di Jl. Lapangan bola glora pantai tetapi tidak ditemukan hal-hal yang mencurigakan, dalam razia Cipta Kondisi juga menyasar tindak pidana lainnya seperti : kejahatan 3C (Curat, Curas dan Curanmor), Peredaran narkoba, Judi, Sajam, Miras, Premanisme, Perkelahian, Makanan Kadalu Warsa, balap liar dan berbagai bentuk penyakit masyarakat lainnya.

Selain melaksanakan razia kendaraan personil menutup kegiatan Ops Cipta kondisi dengan Patroli Dialogis dengan  berkeliling  pada ruas-ruas jalan batas kota di wilayah hukum Polsek Sangasanga  juga menyasar tempat keramaian, pusat perbelanjaan dan cafe serta tempat-tempat yang dinilai rawan sebagai lokasi tindak kejahatan.

Pergelaran Ops Cipkon secara serentak ini telah rutin dilaksanakan jajaran Polres Kukar pada setiap akhir pekan, dan secara tidak langsung telah berkontribusi dalam menekan angka kriminalitas serta mewujudkan stabilitas Kamtibmas.

Dari hasil pelaksanaan Ops Cipkon pada malam minggu ini tidak ada peristiwa atau kejadian menonjol yang terjadi tidak ditemukan adanya pelanggaran ataupun tindak pidana yang mengancam jiwa orang lain.

Kapolres Kukar AKBP Fadillah Zulkarnaen, SIK, SH melalui Kapolsek Sangasanga Iptu Rinang P, SH mengatakan terkait pelaksanaan Ops Cipkon serentak oleh jajarannya ini menyampaikan, bahwa kegiatan ini dilakukan untuk mengantisipasi trend peningkatan kriminalitas saat malam minggu(jelang akhir pekan).

“Kita lakukan upaya maksimal untuk mewujudkan stabilitas Kamtibmas, agar masyarakat Kec. Sangasanga merasa aman dan nyaman”, ungkap Kapolsek

Kegiatan operasi cipta kondisi Polsek sangasanga berakhir sekira pukul 23.20 wita dengan situasi aman dan terkendali.

(Awies99)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

thirteen + 16 =