Kapolres Kukar Tinjau Langsung Kesiap Siagaan Linmas Di Polsek- Polsek

HUMAS RESKUKAR – Bertempat di halaman Polsek Sangasanga telah dilaksanalan apel kesiap siagaan linmas dalam rangka pengamanan Pemilu serentak 2019 pada Selasa (26/2/2019).

Kapolres Kukar AKBP Anwar Haidar, S.I.K., M.SI. memimpin langsung pelaksanaan apel yang diikuti 80 anggota linmas yang dimana nantinya akan siap dalam mengamankan pelaksanaan bersama TNI dan POLRI.

Adapun peserta apel sbb :
1. Pleton Gabungan Polsek Dan Koramil sangasanga
2. Pleton Skurity Pertamina
3. Pleton Pemadam kebakaran Sangasanga
4. Pleton Ormas PP
5. Pleton penyelenggara pemilu
6. Pleton Linmas

Kapolres Kukar AKBP Anwar Haidar dalam amanatnya menyampaikan Apel Kesiapan ini bertujuan untuk mengecek kesiapan personil dan kelengkapan sarana prasarana linmas sebelum diterjunkan ke lapangan dengan harapan perencanaan yang telah disiapkan dapat berjalan dengan optimal dalam rangka mensukseskan Pemilu Serentak 2019.

Pemilu adalah sarana Demokratis untuk menyampaikan aspirasi rakyat, dalam rangka membentuk sistem Pemerintahan yang Legitimate dan Berkedaulatan rakyat, sehingga pemerintahan dan pimpinan sosial yang lahir dari hasil pemilu merupakan kehendak rakyat dan dijalankan sesuai keinginan rakyat.

Mengingat arti penting dan strategisnya pemilu bagi keberlangsungan kepemimpinan Nasional, Pemerintahan dan Pembangunan dalam mencapai tujuan Negara, maka pada konteks inilah Polri dengan dibantu unsur terkait termasuk satuan linmas bertanggung jawab untuk :
– Mengawal pergeseran kotak suara
– Menjaga dan mengamankan penyelenggaraan Pemilu Serentah Tahun 2019.

Linmas bertanggung jawab terhadap keamanan di TPS, dimana disetiap TPS ditugaskan 2 (dua) orang petugas linmas sebagai petugas Pengamanan TPS.

Petugas linmas tentunya harus memiliki kemampuan Kepolisian terbatas dibidang oengamanan, oleh sebab itu petugas linmas sebelum ditugaskan ke TPS – TPS harus dibekali dengan kemampuan teknis dan keterampilan perorangan, sehingga mampu mencegah, menangkal, dan meniadakan gangguan Kamtibmas khususnya yang mengganggu jalannya proses pemungutan suara di TPS, sehingga pelaksanaan Pemilu Sertah Tahun 2019 berjalan secara aman dan kondusif.

“Jadikanlah apel kesiapsiagaan ini untuk mentautkan tekad dan komitmen dalam rangka mengawal dan mengamankan serta mensukseskan Pemilu Serentak 2019, semoga segala tugas dan pengabdian menjadi nilai ibadah dihadapan Tuhan Yang Esa”, pungkas Kapolres dalam mengakhiri amantnya.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

eight + one =