Sat Reskoba Polres Kukar Gelar Operasi Di Pasar Segiri

HUMAS RESKUKAR – Satreskoba Polres Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar operasi di Samarinda, Kalimantan Timur, Sabtu (25/5) kemarin, sekitar pukul 00.15 Wita .

Operasi tersebut dilakukan disalah satu kawasan rawan peredaran narkoba di kota Tepian, yakni di pasar Segiri, Jalan Pahlawan.

Kedatangan kepolisian dari Polres Kukar itu guna melakukan pengembangan kasus yang sebelumnya telah ditangani.

Dari hasil pemeriksaan, narkotika jenis sabu yang dijualbelikan di kawasan Tenggarong berasal dari “pasar” narkoba Segiri.

“Kita ada pengembangan kasus dari Tenggarong, dan hasil pemeriksaan mengarah ke pasar Segiri,” ucap Kasat Reskoba Polres Kukar, Iptu Romi, Sabtu (25/5/2019).

Sesampainya di lokasi yang dimaksud, pihaknya malah mendapati banyak “pasien” yang hendak membeli sabu.

Hingga berakhirnya operasi sekitar pukul 01.30 Wita, pihaknya berhasil menjaring 81 orang calon pembeli sabu.

“Saat kami masuk, ada CCTV manusia yang beri kode, lalu ada beberapa orang yang kabur lompat ke sungai, semoga mereka selamat,” imbuhnya.

Namun demikian, pihaknya memberikan kesempatan kepada semua yang terjaring untuk bertaubat, guna tidak lagi menggunakan narkotika.

Setelah dilakukan pemeriksaan, semua yang terjaring dilakukan pembinaan dengan berjalan jongkok dari dalam hingga luar pasar.

Bahkan, di ujung pintu keluar pasar, semua orang yang terjaring diperintahkan agar bersujud, guna merenungi kesalahanya.

“Dari mereka semua tidak ada kita temukan barang bukti narkotika.

Jadi, mereka kita beri kesempatan, kita lakukan pembinaan saja,” ungkapnya.

Lanjut dirinya menjelaskan, pasar Segiri bukan hanya dikenal sebagai pasar tradisional yang menjual sayur mayur, daging, sembako maupun kebutuhan sehari-hari, namun juga sudah sangat terkenal di Tenggarong sebagai pasar jual beli narkotika terutama jenis sabu.

“Sudah cukup terkenal Pasar Segiri ini,” ucapnya.

Sebelum memulangkan semua orang yang terjaring, Iptu Romi sempat bertanya kepada semua yang terjaring, “Ada yang sakit hati saya ginikan?”

Lantas dijawab serempak oleh semua yang terjaring, “Tidak pak, ikhlas.”

Operasi tersebut tidak dilakukan Satreskoba Polres Kukar saja, namun juga bersama Satreskoba Polresta Samarinda. (*)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × 2 =