Sikapi Aksi Balap Liar, Polres Kukar Bentuk Tim Anti Balap Liar (BALI)

HUMAS RESKUKAR – Menyambut bulan suci ramadan dan menjaga kondusifitas pasca pemilu 2019, Kepolisian Resort (Polres) Kutai Kartanegara (Kukar) membentuk tim anti balapan liar (bali) untuk menciptakan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat dalam melaksanakan ibadah puasa.

“Pada bulan ramadan, balapan liar sudah menjadi kebiasaan remaja pada saat menjelang waktu berbuka dan pada saat Subuh dengan alasan ngabuburit. Namun balapan liar tentunya akan sangat membahayakan diri bagi pelakunya bahkan juga sangat membahayakan pengguna jalan lainnya,” ujar Kapolres Kukar, AKBP Anwar Haidar, Senin (06/5/2019).

Oleh karena itu untuk mencegah hal tersebut, Polres Kukar telah membentuk Tim Anti Bali guna mencegah aksi balapan liar selama bulan ramadan.

“Tim yang dibentuk nantinya akan ditempatkan di lokasi yang sering digunakan balapan liar, terutama pada saat menjelang berbuka puasa dan pada saat subuh,” sambungnya.

Adapun sanksi bagi yang terlibat dalam aksi balapan liar, “kendaraanya akan ditilang dan dikenakan Pasal 115 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (“UU LLAJ”) dengan pidana kurungan paling lama satu tahun atau denda paling banyak Rp. 3 juta, Selain itu Kendaraannya juga akan ditahan di Mapolres Kukar hingga lebaran usai,” tegas AKBP Anwar Haidar.

“Guna mengefektifkan tim Anti Bali, kami perlu dukungan dari semua elemen masyarakat sehingga upaya pencegahan akan lebih berjalan lancar serta Kamtibmas kota Tenggarong tetap terjaga,” tandas Kapolres Kukar.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one × two =