Antisipasi Banjir Kembali Terjadi , Masyarakat Bersama Bhabinkamtibmas Polsek Tenggarong Seberang Lakukan Normalisasi Sungai Di Desa Tanjung Batu

HUMASRESKUKAR – Untuk mengantisipasi banjir kembali terjadi akibat hujan yang turun deras, Masyarakat bersama dengan pihak kepolisian dari Bhabinkamtibmas Polres Kukar Polsek Tenggarong Seberang melakukan normalisasi sungai di Desa Tanjung Batu Kecamatan Tenggarong Seberrang Kabupaten Kukar, Selasa (13/08).

Banjir yang kemarin terjadi disebabkan oleh drainase yang kurang terawat dan tertutupnya aliran sungai Palajawan oleh Enceng Gondok (tumbuhan air yang mengapung) menyebabkan meluapnya air ke sejumlah permukiman dan lahan serta sawah warga terdampak seperti desa Tanjung Batu, Bukit Raya, Karang Tunggal, Manunggal Jaya, Bangun Rejo dan desa Loa Lepu.

Dalam kesempatan ini, Kapolres Kukar AKBP Anwar Haidar, S.IK , M.Si melalui Kapolsek Tenggarong Seberang Iptu Rauf, S.Ik mengatakan bahwa normalisasi sungai ini dilakukan oleh masyarakat dan pihak kepolisian untuk memperlancar aliran sungai, sekaligus mencegah terjadi banjir.

“Upaya yang dilakukan dengan giat gotong royong, pembersihan tumpukan enceng gondok yang menghambat aliran air sungai Palajawan dilakukan oleh masyarakat desa tanjung batu, perusahaan PT CFK (cahaya Fajar Kaltim) serta desa tetangga yang terdampak,” ujarnya.

Dengan menggunakan Cangkul, Sekop serta 1 unit alat berat perusahaan PT. CFK, eceng gondok yang menghambat aliran air di sungai palajawan dapat diangkut serta dibersihkan sehingga tidak lagi menghambat sekitar gorong-gorong yang menjadi aliran air sungai tersebut.

“Inilah yang dibutuhkan dengan segera, sehingga keberadaan enceng gondok yang menghambat aliran air sungai Palajawan dapat kembali normal dan tidak meluap ke permukiman warga,” jelasnya.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × 3 =