TNI-Polri Dan Warga Begerak Cepat Padamkan Lahan Gambut Yang Terbakar

Kukar – Personil Polsek Tenggarong Seberang , Bhabinsa Koramil Tenggarong Seberang, Tim Pemadam Kebakaran , dan dibantu pemuda desa Tanjung Batu beserta Mahasiswa KKN Unmul dan Widyagama berhasil memadamkan api di Lahan Gambut yang berada di Desa Tanjung Batu, Kecamatan Tenggarong Seberang, Kabupaten Kukar, setelah menerima laporan dari masyarakat bahwa telah terjadi kebakaran hutan, Kamis (22/08/2019).

Anggota Polsek Tenggarong Seberang bersama Bhabinsa Koramil Tenggarong seberang dan warga yang tiba di lokasi terjadinya kebakaran hutan bergerak cepat memadamkan dengan menggunakan alat seadanya dan alat pemadam milik tim Pemadam Kebakaran.

Kapolres Kukar AKBP Anwar Haidar, S.IK , M.SI melalui Kapolsek Tenggarong Seberang Iptu Rauf , S.IK mengatakan bahwa Kendala yang dihadapi personel sangat banyak. Selain lokasi jauh dari pemukiman, cuaca panas terik dan angin kencang serta lahan gambut juga menjadi tantangan. Di lokasi juga masih diselimuti asap.

“Angin sering berubah arah sehingga sulit mengejar mata api. Mata api jauh dari sumber air, untuk ke lokasi menggunakan perahu ketinting,” ucap Rauf,

Pada kesempatan yang sama, Kapolsek Tenggarong Seberang Iptu Rauf ,S.IK, “Kami mengimbau warga jangan membuka lahan baru dengan cara membakar, karena dapat menimbulkan kebakaran. Pembakaran hutan dan lahan merupakan pelanggaran pidana,” katanya.

“Karena selain dapat membahayakan keselamatan jiwa, juga menimbulkan kerugian bagi negara maupun masyarakat sekitarnya,” ucap Rauf.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × four =