Polres Kutai Kartanegara Terima Kunjungan Kerja Tim Puslitbang Polri

KUKAR – Tim Puslitbang Polri yang dipimpin oleh Kombes Pol M. Asrul Aziz beserta 3 orang anggota tim mengunjungi Polres Kutai Kartanegara dalam rangka Penelitian Tentang Efektivitas Impementasi SOTK Pusinafis Bareskrim Polri di Polres Kutai Kartanegara, Selasa (13-7-2021) Siang.

Kedatangan Tim Puslitbang Polri di Polres Kutai Kartanegara diterima langsung oleh Kapolres Kutai Kartanegara AKBP Arwin Amrih Wientama didampingi oleh Wakapolres Kutai Kartanegara Kompol Aldi Alfa Faroqi serta dihadiri oleh PJU dan perwakilan Kapolsek jajaran Polres Kutai Kartanegara. Selanjutnya, Tim Puslitbang Polri menuju ruang Tribrata untuk melaksanakan penelitian lebih lanjut.

Kombes Pol. M. Asrul selaku ketua tim menjelaskan bahwa dalam undang-undang no 2 tahun 2002 pasal 14 ayat 1 butir “h” disebutkan bahwa polri berkewajiban menyelenggarakan identifikasi kepolisian, kedokteran kepolisian, laboratorium forensik dan psikologi kepolisian untuk kepentingan tugas kepolisian yg keempatnya disebutkan dalam satu ayat yang sama dikanding maksud tertentu.

“Penelitian ini bertujuan sebagai rujukan dalam memberikan masukan kepada pimpinan polri dalam rangka penguatan struktur kelembagaan inafis dikewilayahan,” jelasnya.

Adapun untuk objek penelitian melibatkan responden dari internal Polres yang diikuti oleh Kabag, Kasat, Kapolsek dan para Penyidik tentang kinerja pelayanan Kepolisian bidang Penyidikan Tindak Pidana pada fungsi Reskrim.

Dengan harapan lanjutnya, hasil nantinya dapat mengoptimalisasi fungsi inafis dalam mendukung proses penyelidikan dan penyidikan tindak pidana serta tugas lainnya serta perumusan struktur kelembagaan inafis ditingkat polda, polres dan polsek yang ideal dan sesuai kebutuhan.

“Metode penelitian yang digunakan adalah dengan melakukan tanya jawab, atau Focus Group Discussion (FGD) dengan Satuan Reskrim terkhususnya Identifikasi (Inafis),” ujarnya.

Dalam Penelitian ada 6 indikator yaitu Struktur Organisasi, Beban Kerja, Sumber daya manusia, Anggaran, Peralatan dan Hubungan tata cara kerja.

Kapolres Kutai Kartanegara AKBP Arwin Amrih Wientama mengucapkan terima kasih kehadiran Tim Puslitbang Polri, karena dengan hadirnya tim dari puslitbang Polri, bisa memberikan pengetahuan tambahan barkaitan dengan Efektivitas Impementasi SOTK Pusinafis Bareskrim Polri di Polres Kutai Kartanegara.

“Kami mengapresiasi atas kunjungan yang dilakukan oleh Tim Puslitbang Polri ini yang mana bertujuan untuk pengembangan sistem dalam mendukung kinerja Polri,” ujar Kapolres.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

one × five =