Puslitbang Polri Laksanakan Penelitian Optimalisasi Tingkat Pengguna Jalan Yang Berkeselamatan Di Polres Kutai Kartanegara

Kukar – Polres Kutai Kartanegara menjadi salah satu objek penelitian Tim Puslitbang (Pusat Penelitian dan Pengembangan)  terkait keselamatan pengguna jalan di kabupaten Kutai Kartanegara bertempat di ruang Tribrata Polres Kutai Kartanegara, Pada Selasa (12/10/2021).

Kedatangan Tim Peneliti dan Supervisi Puslitbang Polri disambut langsung oleh Kapolres AKBP Arwin Amrih Wientama dan Wakapolres Kompol Aldi Alfa Faroqi serta Tamu Dan Undangan FGD.

Kapolresta Kutai Kartanegara mengucapkan kegiatan Penelitian Litbang ini selain melibatkan Personel Polres Kutai Kartanegara ada juga Perwakilan dari Stake Holder maupun dari masyarakat.

“Nantinya akan melaksanakan tanya jawab kepada tim tentang Penelitian ini dan akan menghasilkan bahan laporan kepada Pimpinan,” jelasnya.

Sementara itu dalam sambutanya Ketua Tim Supervisi Puslitbang Polri (Kapuslitbang Polri) Brigadir Jenderal Polisi Drs. Iswyoto Agoeng Lesmana Doeta, M.Si. menjelaskan  Sementara Kapuslitbang Polri menyampaikan bahwa pihaknya disini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan, sikap (keterampilan) dan persepsi pengguna jalan dalam mewujudkan Kamseltibcarlantas.

Selanjutnya Ketua Tim peneliti Kombes Pol Saefuddin Mohamad, S.I.K. menjelaskan  tujuan kunjungan ini dalam rangka Optimalisasi Tingat Pengguna jalan yang Berkeselamatan untuk Mewujudkan Keamanan, Keselamatan , Ketertiban dan Kelancaran lalu lintas (KAMSELTIBCAR LANTAS) T.A. 2021.

“Penelitian yang melibatkan akademisi ini di mulai dari adanya data tingkat kecelakaan lalu lintas yang relatif tinggi khususnya yang menyebabkan korban meninggal dunia. Faktor -faktor yang menyebabkan angka kecelakaan tinggi antara lain adanya kelalaian pengguna jalan, faktor alam dan faktor keadaan jalan itu sendiri. Pembangunan transportasi yang baik sangat dibutuhkan sehingga kami mencari masukan masukan yang baik untuk meminimalisir tingginya angka kecelakaan, sebagai contoh kondisi jalan dari Tenggarong menuju Kota  Balikpapan relatif bagus namun kondisinya sepi sehingga dapat memicu terjadinya kecelakaan lalu lintas”, ucapnya.

“Lebih lanjut di jelaskan bahwa Puslitbang Polri sudah melakukan penelitian penelitian terkait dengan hal tersebut seperti menyebar kuisioner melalui online, melakukan wawancara kepada para pengguna jalan untuk menganalisis faktor penyebab kecelakaan lalu lintas dan tentunya dengan harapan penelitian tersebut dapat memberikan solusi yang baik kedepan minimal angka korban kecelakaan meninggal dunia dapat di minimalisir” tutupnya.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan FGD (forum Grup Disccus) yang mana dibagi menjadi dua, untuk Personel sat lantas polres Kutai Kartanegara dilakukan pendalaman oleh Kombes Pol. Saefuddin  Mohamad, S.I.K. sendiri dan untuk masyarakat serta Perwakilan stake holder terkait di dalami oleh Prof. Dr. Dwi Purwoko, M.Si. ( Konsultan ) beserta Rombongan dari Puslitbangpol Polri di tempat yang sama.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 + 10 =