Jelang Memasuki Musim Hujan, Tim SAR Dari Satuan Samapta Polres Kutai Kartanegara Menggelar Pelatihan Search And Rescue (SAR) Serta Pengoperasian Speed Boat

Kukar – Menjelang masuknya musim hujan, guna antisipasi bencana banjir di wilayah Kab. Kukar tim SAR dari Satuan Samapta Polres Kutai Kartanegara mulai melakukan persiapan. Yakni, menggelar pelatihan Search And Rescue (SAR) serta pengoperasian Speed Boat yang dilaksanakan di Sungai Mahakam depan Gedung Wanita Tenggarong, Kamis (25/11/2021).

Anggota Dalmas dipimpin dalmas Polres Kukar dengan dipimpim langsung oleh Kasat Samapta Polres Kukar AKP Sarikun menggelar pelatihan sar dengan tujuan personil Sat Samapta bisa mengoperasikan alsus yang ada dan juga dapat bereaksi dengan cepat serta tepat apabila terjadi bencana banjir.

Kapolres Kutai Kartanegara AKBP Arwin Amrih Wientana melalui Kasat Samapta AKP Sarikun mengatakan latihan dasar SAR ini diharapkan bisa berjalan konsisten. Minimal satu bulan sekali. Tujuannya, agar para personel terus terasah kemampuannya dalam bidang SAR sehingga dapat mahir dan profesional ketika melaksanakan tugas evakuasi bencana.

Dirinya menambahkan, Ini sebagai langkah antisipasi, jika sewaktu-waktu terjadi bencana banjir. Diharapkan dengan adanya latihan ini, anggota Polri terbiasa dan mampu melaksanakan tugas-tugas pertolongan dan penyelamatan korban tenggelam.

”Sat Samapta selain menciptakan situasi aman dan kondusif, juga harus siap siaga dalam menanggulangi semua bencana,” ujarnya dan diharapkan polisi dapat membantu tim SAR BPBD.” Imbuhnya.

Latihan yang dilakukan diantaranya yakni pengoperasian alsus yang ada, pengoperasian speed boat, pengevakuasian masyarakat yang terjebak banjir dan penyaluran logistik ditempat-tempat yang tidak terjangkau dengan kendaraan darat.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

ten − 1 =