Berkolaborasi Dengan BPBD, Sat Binmas Polres Kukar Melaksanakan Kegiatan Focus Grup Discussion (FGD) Di Kantor Lurah Maluhu

Kukar – Guna antisipasi adanya bencana alam seperti banjir, tanah longsor dan sebagainya di musim pancaroba 2021 ini, Sat Binmas Polres Kutai Kartanegara berkolaborasi dengan BPBD Kukar untuk menggandeng organisasi masyarakat dan relawan untuk berperan aktif dalam penanggulangan bencana.

Sat Binmas Polres Kukar melaksanakan kegiatan Focus Grup Discussion (FGD) di Kantor Lurah Maluhu Kecamatan Tenggarong Kab. Kukar dengan dihadiri oleh Pihak BPBD Kukar, Ketua LPM Kelurahan Maluhu, Karang Taruna dan Masyarkat Kelurahan Maluhu pada Kamis (25-11-2021).

Kasat Binmas Polres Kukar, AKP T.M. Panjaitan menjelaskan, awal Oktober kemaren sampai dengan November 2021 diperkirakan merupakan awal musim hujan yang disertai peningkatan akumulasi curah hujan hal ini sudah terlihat dari intensitas curah yang terjadi beberapa hari terakhir.

Berkaitan dengan hal itu Kasat Binmas mengharap dukungan dan partisipasi element masyarakat agar berperan aktif dalam penanggulangan bencana dengan memetakan daerah rawan dan melaporkan kepada kepolisian untuk dilakukan upaya pencegahan.

Ditempat terpisah Kapolres Kutai Kartanegara AKBP Arwin Amrih Wientama mengatakan bahwa letak geografis kabupaten Kutai Kartanegara yang mayoritasnya dilintasi oleh sungai mahakam berpotensi terjadi bencana banjir yang disebabkan oleh meluapnya air sungai mahakam.

Karena itu, lanjut Kapolres, perlu koordinasi, kolaborasi, dan komunikasi dengan Pemda, TNI, BPBD, serta stakeholder lainnya untuk memetakan daerah rawan bencana serta menyiapkan sistem penanggulannya.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

five × one =