Polres Kutai Kartanegara Laksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Mahakam 2022 Jelang Mudik Lebaran

Kukar – Bertempat di halaman depan Mapolres Kutai Kartanegara telah dilaksanakan Apel Gelar Pasukan Dalam Rangka Operasi Ketupat Mahakam Tahun 2022 Polres Kutai Kartanegara dengan Tema  ” Wujud sinergi Polri dengan Instansi terkait untuk menjamin masyarakat aman dan sehat dalam perayaan Idul Fitri 1443 H/2022”, Jum’at (22/4/2022).

Apel Gelar Pasukan dipimpin oleh Bupati Kutai Kartanegara Drs Edi Damansyah didampingi Kapolres Kutai Kartanegara AKBP Arwin Amrih Wientama dan Danramil Tgr Lettu Inf Adhie Irawan.

Sebanyak 162 personel gabungan Polres Kutai Kartanegara, Kodim 0906/Kkr, Dinas Perhubungan, dan Satpol PP Kukar, siap mengamankan mudik lebaran. Mereka nantinya akan ditempatkan di beberapa pos pengamanan, dalam Rangka Operasi Ketupat Mahakam 2022.

“Alhamdulillah tahun ini pemerintah (pusat) membolehkan masyarakat mudik. Tentunya ini suatu euphoria masyarakat Kukar, hal ini patut kita antisipasi bersama,” ungkap Kapolres Kukar, AKBP Arwin Amrih Wientama.

Dikatakannya, dua tahun terakhir, Polres Kukar, Kodim 0906/Kukar dan Pemkab Kukar, lebih fokus agar masyarakat tidak mudik. Mengingat kasus pandemi Covid-19 di Kukar yang turun naik.

Operasi Ketupat Mahakam 2022 akan dilaksanakan selama dua pekan mulai 28 April hingga 9 Mei 2022.

Total ada lima pos pengamanan yang akan dibangun yakni Pos Pengamanan Parkiran Pulau Kumala, Pos Pengamanan Patung Lembuswana (perbatasan Kukar-Samarinda), Pos Pengamanan Km 38 Samboja, dua Pos Pengamanan di Rest Area Tol Balikpapan-Samarinda. Dua pos terakhir, tambahan jika dibandingkan pos pengamanan tahun lalu.

“Buat bantu masyarakat jika ingin istirahat di Tol Balsam,” lanjut AKBP Arwin.

Polsek jajaran dipastikan bakal mendapat mandat serupa. Berkoordinasi dengan Koramil dan Kecamatan, membangun satu pos yang berada di lokasi strategis. Memastikan masyarakat bisa meminta bantuan ketika membutuhkan.

Termasuk memerintahkan Bhabinkamtibmas, Babinsa, Lurah hingga Kades setempat untuk memastikan keamanan masing-masing wilayah.

“Harapan kami bagi warga yang mudik adalah hati-hati di jalan dan jaga kesehatan. Prokes untuk keluarga dan kembali ke Kukar dalam keadaan sehat,” tutup Kapolres Kukar.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

eleven − 6 =