Polres Kutai Kartanegara Gelar Rapat Koordinasi Dalam Rangka Rencana Pemasangan CCTV Asap Digital Tahun 2022

Kukar – Bertempat di Ruang Catur Prasetya Polres Kutai Kartanegara telah dilaksanakan Kegiatan Rapat Koordinasi Dalam Rangka Rencana Pemasangan CCTV Asap Digital Tahun 2022 Polres Kutai Kartanegara, Jum’at (27/5/22).

Kegiatan yang dipimpin langsung oleh Kapolres Kutai Kartanegara AKBP Arwin Amrih Wientama itu turut dihadiri Dandim 0906/Kkr Letkol Inf. Jeffry Satria, Asisten 1 Setkab. Kutai Kartanegara A Taufik Hidayat dan para tamu undangan serta perwakilannya.

Dalam sambutananya, Kapolres Kukar menyampaikan bahwa pencegahan Karhutla di Indonesia saat ini telah menunjukkan progres yang positif. Koordinasi dan kerjasama lintas Instansi Pusat dan Daerah, serta Instansi Penegak Hukum telah menurunkan kejadian Karhutla secara drastis.

Penurunan karhutla tahun 2021 tersebut diperkirakan telah mampu menurunkan emisi gas rumah kaca di Indonesia hingga sebesar 93%. Penurunan emisi ini diharapkan dapat terus dijaga agar target forest and land use (folu) net sink 2030 dapat dicapai.

“Untuk melakukan pencegahan secara dini dan penanggulangan Karhutla, Kepolisian Republik Indonesia (Polri) meluncurkan aplikasi CCTV Asap Digital Nasional sebagai upaya transformasi penanggulangan Karhutla oleh Polri bekerjasama dengan kementrian lembaga terkait dengan cara mengintegrasikan sistem penentuan karhutla dari beberapa aplikasi kementrian,” ujarnya.

Keunggulan dari Aplikasi CCTV Asap Digital Nasional adalah CCTV live auto monitoring, Kamera CCTV yang terpasang memiliki kemampuan yang mampu memantau 360 derajat dengan jangkauan 4 kilometer, capaian radius 8 kilometer, dan dapat menjangkau lahan 5.026 hektar , Kamera tersebut juga mampu melakukan pembesaran sampai dengan 40 kali, penajaman yang bisa memutar rekaman dalam dua bulan terkahir.

“Dengan adanya program ini, kedepannya kita dapat lebih efektif dalam penanganan Karhutla, karena program inu beroperasi secara real time, sehingga setiap saat kita dapat memantau secara langsung sebaran titik api melalui CCTV Asap Digital,” harap Kapolres Kukar.

Selain itu kami sangat berharap dukungan oleh pihak-pihak perusahaan untuk dapat mendukung penuh pemasangan CCTV Asap Digital di lokasi perusahaan masing-masing yang rawan Karhutla. Sehingga dengan begitu, pencegahan dan penanganan Karhutla di Kabupaten Kutai Kartanegara dapat berjalan dengan baik.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 × 1 =