Polres Kutai Kartanegara Gelar Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Mahakam 2022

Kukar – Bertempat di Halaman Depan Mako Polres Kutai Kartanegara telah dilaksanakan Apel Gelar Pasukan Dalam Rangka Operasi Patuh Mahakam Tahun 2022 di Polres Kutai Kartanegara, Senin (13/06).

Apel dengan tema Tertib Berlalu Lintas Menyelamatkan Anak Bangsa ini dipimpin oleh Wakapolres Kukar Kompol Angga Indarta dan dihadiri para Kabag, Kasat Kapolsek jajaran, serta perwakilan sejumlah instansi.

Operasi Patuh 2022 digelar secara serentak di seluruh tanah air selama 14 hari termasuk di wilayah hukum Polres Kukar, terhitung mulai hari ini hingga 26 Juni mendatang.

Dalam amanat tertulis yang dibacakannya, Wakapolres Kukar Kompol Angga Indarta menyebutkan, lalu lintas merupakan urat nadi perekonomian suatu negara. Oleh sebab itu pemeliharaan kamseltibcarlantas sangatlah penting dalam menunjang kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Maka keamanan keselamatan ketertiban dan kelancaran berlalu lintas merupakan suatu cermin keberhasilan dari pembangunan peradaban modern,” ucapnya.

Polri khususnya Polantas bersama stakeholder serta pemerintah mempunyai tanggung jawab untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat terhadap budaya Tertib Berlalu Lintas.

“Sehingga pelaksanaan operasi kepolisian Patuh Mahakam Tahun 2022 di bidang lalu lintas mempunyai tujuan, yaitu menurunnya angka pelanggaran dan kecelakaan lantas serta meningkatnya disiplin masyarakat dalam berlalu lintas dalam rangka Cipta kondisi Kamseltibcarlantas di tengah melandanya pandemi Covid 19 serta menjelang peringatan Hari Bhayangkara ke-76,” sebut Kompol Angga.

Ia juga merincikan data Se-Polda Kaltim terkait Operasi Patuh Mahakam selama 2 tahun terakhir yang meliputi pelanggaran lalu lintas berupa tilang, kecelakaan lalu lintas, korban meninggal dunia, korban luka berat, korban luka ringan dan kerugian materi, dimana terjadi penurunan yang sangat signifikan pada angka pelanggaran dan kenaikan kecelakaan lalu lintas.

“Namun hal tersebut bukan semata-mata karena tingginya tingkat budaya disiplin dan kepatuhan para pengguna jalan namun lebih dikarenakan cara bertindak Polri yang diterapkan pada saat situasi normal berbeda selama pandemi covid 19,” bebernya.

Dalam operasi ini, Waka Polres meminta kepada jajaran Satlantas Polres Kukar untuk terus meningkatkan langkah dan upaya nyata yang lebih efektif dengan mempedomani program prioritas Kapori di bidang lalu lintas,

“Serta mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif yang persuasif serta humanis untuk dapat meningkatkan budaya disiplin dan kepatuhan para pengguna jalan, sehingga dapat meminimalisir terjadinya pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas kerena sebagian besar kecelakaan lalu lintas pasti diawali dari pelanggaran lalu lintas,” tandas Kompol Angga.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

5 × 5 =