Anggota Bhabinkamtibmas Polsek Tenggarong Cek Hewan Ternak di RPH Mangkurawang Tenggarong

Kukar – Dalam rangka melakukan Pengecekan Hewan Ternak Antisipasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), Anggota Bhabinkamtibmas Polsek Tenggarong datangi Rumah Penyembelihan Hewan (RPH) Mangkurawang, pada Rabu (7/9/2022).

“Pengecekan Hewan Ternak Antisipasi terjadi PMK terhadap hewan yang akan disembeli, sehingga konsumen atau masyarakat yang akan membeli daging di pasaran benar-benar terhindar dari penyakit hewan,” kata Kapolsek Tenggarong AKP Yasir Blora.

Kapolsek menyebutkan, sehubungan dengan merebaknya berita tentang penyakit terhadap hewan PMK. Dia memerintahkan Anggota Bhabinkantibmas Aipda Aliansyah, agar melakukan pengecekan terhadap tempat penyembelian hewan (RPH) yang berada di wilayah Kelurahan Mangkurawang Kecamatan Tenggarong.

Sejalan dengan itu, Kapolsek juga menghimbau kepada pemilik ternak, jika menemukan ciri-ciri penyakit Mulut dan Kuku pada hewan ternaknya, agar segera menghubungi Bhabinkamtibmas atau anggota Polri, Puskeswan maupun dokter hewan yang ada serta menyarankan untuk selalu menjaga kebersihan kandang dan makan guna mencegah hewan ternak tertular penyakit.

Meski demikian sebut Kapolsek, dalam kegiatan pengecekan di RPH itu ditemukan 1 hewan ternak Sapi atau yang memiliki ciri-ciri Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

“Namun begitu telah dilakukan Bio Security (Penyemprotan Disinfektan) pada bagian kaki Sapi dan lingkungan penampungan RPH dan akan di sembelih untuk mencegah penyebaran dan penularan terhadap Sapi lainnya,” terang Kapolsek Tenggarong.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

11 − six =