Jalani UKP, 49 Personil Polres Kutai Kartanegara Ikuti Tes Beladiri Polri

Kukar – Kepolisian Resor Kutai Kartanegara melaksanakan ujian Beladiri Polri bagi personel yang akan UKP (Usul Kenaikan Pangkat) pada 01 Januari 2023 mendatang. Ujian kali ini dilangsungkan di halaman depan Mapolres, Jum’at (21/10).

Ketua Tim Penilai Beladiri Polri, AKP Warsidi mengatakan, beladiri bukanlah hal baru, kemampuan ini sudah diajarkan pada saat pendidikan dulu. Ujian untuk kenaikan pangkat hanyalah instrument untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan wajib ini.

“Beladiri harus dikuasai setiap personel Polri ini untuk menunjang tugas sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat,” terang AKP Warsidi.

Ujian beladiri ini dibagi dalam beberapa materi yang meliputi teknik dasar bela diri Polri, teknik beladiri tanpa alat dan beladiri melawan alat dengan alat. Penilaian beladiri Polri mengacu pada penilaian cukup, baik dan tak memenuhi syarat.

Kapolres Kutai Kartanegara AKBP Hari Rosena melalui Kabag SDM Kompol Teguh Joko Sriyono mengatakan, persyaratan untuk naik pangkat bukan hanya harus mengikuti ujian beladiri namun harus teruji dan bebas narkoba juga.

“Personil yang sedang melaksanakan usul kenaikan pangkat (UKP) tidak dinaikan pangkatnya begitu saja tetapi selain sudah masuk waktunya, persyaratan administrasi harus lengkap,” ujarnya.

Kabag SDM menjelaskan ujian beladiri ini diikuti 49 orang personel Polres Kutai Kartanegara. Selain ujian beladiri masih ada tahapan-tahapan lain yang harus dilalui untuk dinyatakan layak dan diusulkan naik pangkat.

“Apabila telah memenuhi syarat maka berkas UKP akan diproses melalui Polda Kaltim untuk mendapatkan Surat Keputusan Kenaikan Pangkat dari pejabat yang berwenang,” ujarnya.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

thirteen + seventeen =