Polres Kutai Kartanegara Gelar Pelatihan Keterampilan dan Etika Pelayanan Publik

Kukar – Dalam upaya peningkatan kemampuan personelnya, Polres Kutai Kartanegara menggelar pelatihan keterampilan dan etika pelayanan publik di ruang ElectronicCommandCenter(ECC), Jumat, (4/11/ 2022).

Kegiatan itu diisi pemateri dari Bank BRI dan iikuti sejumlah personel yang terlibat pelayanan baik pada satuan Polres, Polsek dan SPKT.

Kasi Humas Polres Kutai Kartanegara Iptu Darnuji mengungkapkan, pelatihan tersebut merupakan langkah Polres Kutai Kartanegara dalam rangka peningkatan kemampuan.

“Pelatihan ini dilakukan guna peningkatan kemampuan sehingga personel Polres Kutai Kartanegara menjadi lebih baik dalam pelayanan kepada masyarakat,” kata Iptu Darnuji mewakili Kapolres Kutai Kartanegara AKBP Hari Rosena.

Sementara itu, Yantoni Damai selaku pemateri menyampaikan bahwa sebagai garda terdepan pelayanan, aparat kepolisian harus membiasakan 5S yakni senyum, sapa, salam, sopan, dan santun.

“Masyarakat itu melihat polisi malu dan rindu, dengan kebiasaan 5S, semoga masyarakat yg dilayani polisi bisa menjadi harmonis dan makin nyaman,” katanya dalam pemaparannya pelatihan tersebut.

Sambungnya, masyarakat malu itu, karena masyarakat malas berurusan dengan polisi, tetapi rindu didekati polisi sebagai pengayom di tengah-tengah masyarakat.

“Tuntutan masyarakat terhadap polisi itu harus ramah dan nyaman. Mereka enggak mau tahu polisi itu ada masalah apa, yang penting, ketika meminta dilayani harus baik dengan senyuman, dan itulah masyarakat,”
jelasnya.

Selain 5S, seorang polisi juga, harus memiliki kemampuan komunikasi publik yang baik dan memahami psikologi masyarakat.

“Polisi itu harus memahami psikologi masyarakat, ada yang harus tegas, ada pula yang harus dihadapi dengan lemah lembut. Jika seorang polisi memahami karakter ini, saya yakin, ada interaksi yang ideal, dan polisi jadi pengayom masyarakat berjalan sebagaimana yang diinginkan,” tuturnya.

==========

Dampak Harga BBM Naik, Polsek Samboja Bagikan Sembako Kepada Warga Kurang Mampu

Kukar – Bentuk kepedulian Polri kepada masyarakat yang terdampak kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM). Sabtu, (5/9/2022).

Polsek Samboja membagikan paket sembako di wilayah Kel. Wonotirto dan Kel. Kampung Lama karena Pemerintah menaikkan harga BBM beragam jenis pada pekan lalu. Kebijakan ini berdampak pada penghasilan warga kurang mampu di daerah tersebut. Guna membantu kelangsungan hidup mereka, Polri menyalurkan bantuan sembako.

Kapolres Kutai Kartanegara AKBP Hari Rosena melalui Kapolsek Samboja Akp Yusuf mengatakan pembagian sembako ini dilaksanakan dengan menyasar warga kurang mampu yang memang terdampak dari pasca kenaikan harga BBM bersubsidi.

“Jangan lihat besarnya bantuan yang diberikan, namun ini merupakan wujud kepedulian Polri terhadap warga terdampak kenaikan harga BBM. Semoga bantuan ini bisa meringankan beban para peneraminya,” katanya

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

19 − four =