Desa binaan terendam banjir, Bhabinkamtibmas dan Bhabinsa tinjau Ketinggian air di rumah – rumah warga di Desa Kahala ilir

@Kenohan-Kukar
Jum’at ( 02 Desember 2022 ) Anggota Bhabinkamtibmas Desa Kahala dan Desa Kahala ilir Bripka Mulyono bersama Bhabinsa Peltu Ruswanto melaksanakan peninjauan ketinggian air di rumah – rumah warga yang terdapak banjir.

Akibat curah hujan yang tinggi dalam beberapa hari terakhir sejumlah rumah warga di Desa Kahala ilir Kecamatan Kenohan mulai terendam banjir, Selain curah hujan yang tinggi, banjir juga di sebabkan oleh kiriman air dari meluapnya Sungai Belayan dan Sungai Mahakam, kedalaman air juga sudah mencapai lutut orang dewasa dan diperkirakan hampir 19 – 38 cm.

Salah satu warga Desa Kahala ilir Ibu Piah RT.05 menyebutkan bahwa, banjir kali ini terjadi setelah beberapa hari terakhir di seluruh wilayah Kec. Kenohan Khususnya Desa Kahala ilir di guyur hujan deras.

Hujan yang menguyur beberapa hari terakhir ini menyebabkan akses jalan tergenang air hingga melebihi lutut orang dewasa dan ada beberapa rumah yang berada di pinggir sungai, air sudah mulai masuk kedalam rumah.

Banjir yang terjadi di bulan Desember ini merupakan Banjir yang ke-4 (empat) selama periode tahun 2022

Sementara itu, Bhabinkamtibmas Desa Kahala dan Desa Kahala ilir Bripka Mulyono mendengar kabar tersebut, langsung berkordinasi dengan Bhabinsa Peltu Ruswanto untuk turun kelokasi mendata rumah – rumah warga yang terendam banjir, Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian sosial dengan menyambangi rumah – rumah warga.

Kami ingin memastikan secara langsung kondisi rumah warga yang terendam banjir.
Bhabinkamtibmas juga menyampaikan himbauan kamtibmas untuk lebih waspada serta mengambil opsi mengungsi ketempat yang lebih aman apabila banjir semakin dalam untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak di inginkan seperti adanya korban jiwa terhadap dampak banjir.

Kapores Kutai kartanegara AKBP Hari Rosena, S.H., S.I.K.,M,SI melalui Kapolsek Kenohan AKP SYAHRIAL HARAHAP, S.H memerintahkan Kepada Bhabinkamtibmas untuk aktif turun sambang ke Desa binaan, untuk mengetahui keadaan warga di desa binaan, Apalagi musim penghujan ini agar Bhabinkamtibmas juga memetakan daerah rawan bencana, sehingga masyarakat merasa dekat dengan Polri, bencana dapat di mitigasi dan di antisipasi sehingga Bhabinkamtibmas mengetahui perkembangan situasi kamtibmas di wilayah di desa binaanya.

#polripresisi#poldakaltim#polreskukar#bhabinkamtibmaskenohan

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

four × one =