Cegah Dan Tangani Karhutla, Polres Kutai Kartanegara Gelar Rakor Bersama Instansi Terkait

Kukar – Polres Kutai Kartanegara menggelar rapat koordinasi (rakor) penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan ( Karhutla) dengan instansi terkait, di ruang Catur Prasetya Lantai III, Selasa (22/8/2023).

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Wakapolres Kutai Kartanegara Kompol Angga Indarta dan didampingi Kabag Ops Kompol Subari dan diikuti perwakilan Kapolsek, TNI, Instansi samping dan perwakilan perusahanaan yang ada di Kutai Kartanegara.

Wakapolres menyebutkan, permasalahan karhutla merupakan salah satu atensi dari Presiden Republik Indonesia. Oleh karenanya, persoalan karhutla ini harus ditindak lanjuti hingga ke tingkat daerah.

“Rapat ini menjadi momen yang tepat, karena kita merumuskan langkah strategis untuk mencegah potensi bencana,” ujarnya.

Selain itu, kata Kompol Angga, kita harus mengetahui bagaimana tugas masing-masing instansi mengetahui cara bertindak apabila terjadi karhutla.

Ditambahkan Wakapolres, pelaksanaan rapat koordinasi tersebut merupakan upaya untuk melakukan deteksi dini fenomena El Nino dan karhutla, mengingat wilayah Kabupaten Kudus memiliki sebagian wilayah yang merupakan hutan dan lahan pertanian.

“Diperlukan langkah antisipasi melalui sinergitas antar instansi, mulai dari sosialisasi pencegahan maupun penanganan apabila hal itu terjadi,” imbuhnya.

Ia meminta semua pihak dapat saling mendukung satu sama lain. Sehingga tidak ada yang saling dirugikan ataupun menjadi korban atas penegakan hukum terkait penyalahgunaan kebakaran hutan atau lahan.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

one × four =