Cegah Perundungan di Sekolah, Ini Pesan Aipda Zulkifli Kepada Pelajar

Kukar – Dalam upaya mencegah perundungan (bullying) dan tindakan kekerasan pada siswa, Polsek Loa Janan berkolaborasi dengan MTS ARTABIYAH Loa Janan mengadakan sosialisasi yang berlangsung di MTS ARTABIYAH Loa Janan, Sabtu (27/01/2024).

Ketua yayasan MTS ARTABIYAH menyampaikan sambutan hangat sebagai pembuka acara. Acara dilanjutkan dengan materi yang disampaikan oleh Bhabinkamtibmas Desa Purwajaya AIPDA Zulkifli yang berfokus pada pencegahan perundungan serta tindakan kekerasan terhadap siswa.

Dalam materinya, AIPDA Zulkifli menyampaikan peran-peran dalam kejadian perundungan di sekolah, seperti Bully/Pemimpin, Asisten Bully/Pengikut, Reinforcer/Penonton, Defender/Pembela Korban, dan Outsider/Tidak Peduli, juga dibahas secara mendalam dampak-dampak negatif perundungan terhadap siswa, termasuk stres, penurunan semangat belajar, bahkan hingga potensi cedera fisik dan bunuh diri, menjadi perhatian utama dalam sosialisasi ini.

Contoh kasus perundungan yang sering terjadi di lingkungan sekolah pun dibahas sebagai pengetahuan dasar bagi para peserta. Cara-cara pencegahan seperti berbicara pada guru atau orang tua, berpikir positif, menghindari teman yang bersikap negatif, serta berteman dengan orang yang membuat bahagia menjadi fokus untuk mengatasi masalah perundungan di MTS ARTABIYAH Loa Janan.

Selaku penanggung jawab kegiatan, mengungkapkan kebahagiannya karena hadirnya Bhabinkamtibmas memberikan sosialisasi Perundungan dan pencegahan Bullying kepada siswa dan siswi MTS ARTABIYAH Loa Janan.

Selanjutnya, diharapkan kerja sama yang kuat antara sekolah dan Polsek Loa Janan dalam upaya pencegahan perundungan di lingkungan pendidikan.

Kegiatan sosialisasi ini menjadi langkah positif dalam menciptakan lingkungan sekolah yang aman, bebas dari perundungan, dan memberikan perlindungan serta pendidikan yang baik bagi para siswa di MTS ARTABIYAH Loa Janan.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

20 − 14 =