Kapolres Kutai Kartanegara Pimpin Upacara Serpas Petugas Pengamanan TPS

Kukar – Bertempat di Halaman Parkir Stadion Rondong Demang Tenggarong Kab. Kutai Karatenagara, Polres Kutai Kartanegara gelar Upacara Serpas Petugas Pengamanan TPS dalam rangka Pemilihan Umum tahun 2024.

Upacara itu dipimpin oleh Kapolres Kutai Kartanegara AKBP Heri Rusyaman, pada Senin (12/2).

Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah,  Letkol Inf. Jeffry Satria Dandim 0906/Kkr, Rinda Desianti Kepala Kesbangpol, Purnomo Ketua KPU, Teguh Wibowo Ketua Bawaslu dan Sukono Camat Tenggarong turut hadir dalam upacara tersebut.

Pada kesempatan itu, Kapolres melakukan Pemeriksaan Pasukan dengan didampingi u sur forkopimda.

Ia juga menyerahan dana Serpas dan perlengkapan pengamanan TPS kepada perwakilan personil yang di tunjuk sebagai be tuk kesiapan personil.

AKBP Heri dalam amanatnya mengatakan bahwa dalam negara Demokrasi atau Negara yang berdasarkan kedaulatan rakyat, Pemilu merupakan salah satu sendi tegaknya politik demokrasi di Indonesia.

“Hal tersebut tidak lain untuk mengimplementasikan prinsip-prinsip demokrasi yaitu mengikutsertakan rakyat dalam kehidupan demokratis berdasarkan pancasila dan UUD 1945,” ujarnya.

Momen Poltik merupakan momen penting dimana kita akan menyelenggarakan demokrasi terbesar dan secara serentak.

Terdapat 20 Kecamatan, Jumlah Desa sebanyak 237 dengan jumlah TPS yang akan diamankan sebanyak 2.269 yang mana sebanyak 2.045 masuk dalam wilayah hukum Polres Kutai Kartanegara.

Jumlah personil Polres Kutai Kartanegara yang dilibatkan dalam pengamanan TPS Pemilu sebanyak 487 personil dan BKO Polda Kaltim 195 personil dan 3 pleton reaksi
cepat.

AKBP Heri menerangkan, Indikator keberhasilan dari penyelenggaraan pemilu adalah adanya partisipasi masyarakat yang optimal dalam rangka mewujudkan suasana yang kondusif bagi penyelenggaraan pemilu yang aman Damai dan tertib.

Pemilu tahun 2024 adalah ajang pesta demokrasi yang memiliki warna tersendiri baik dari segi ambang gangguan potensi gangguan yang dapat berubah menjadi gangguan nyata dan berdampak pada kondisi kontijensi.

“Maka dari itu, mari kita laksanakan tugas pengamanan TPS ini dengan penuh tanggung jawab demi terciptanya keamanan dan kelancaran tahapan pemilu 2024,” pungkasnya.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

four × three =