Polsek Muara Kaman Bantu Proses Pemadaman Kebakaran Lahan di Desa Tunjungan

KUKAR – 4 personel Polsek Muara Kaman, terjun langsung membantu proses pemadaman kebakaran hutan dan lahan (karhutla), di kawasan perbatasan antara areal perkebunan kelapa sawit PT Agrojaya Tirta Kencana (PT ATK) dengan Desa Tunjungan, Kecamatan Muara Kaman, Kutai Kartanegara (Kukar).

Polsek Muara Kaman menerima laporan kebakaran terjadi pada Rabu (28/2/2024) pukul 10.00 WITA. Dari pantauan aplikasi Lembuswana, lokasi karhutla berada di luar HGU atau diluar tanggul di samping Blok B Area PT ATK 3. Di Blok 22 sampai dengan Blok 29 dan di Blok 30/31.

“Spot-spot lahan yang terbakar, berupa rawa gambut dalam kosong. Adapun area atau lahan yang terbakar seluas 3 hektare,” ujar Kapolres Kukar AKBP Heri Rusyaman, melalui Kapolsek Muara Kaman, IPTU Larto.

Pada saat itu, manajemen PT ATK mendapati laporan dari salah satu karyawan jika terjadi kebakaran di lahan mereka. Selanjutnya dari petugas Fire Rescue PT ATK dan tim Manggala Agni mendatangi TKP dan langsung melakukan upaya pemadaman dan penyekatan agar api tidak meluas dan masuk kedalam HGU. Dengan cara menyemprot ke areal yang terbakar menggunakan 6 unit mesin alkon milik PT ATK.

Penyebab kebakaran indikasi awal karena pengaruh iklim cuaca yang sangat panas beberapa di Kecam Muara Kaman dengan tidak adanya hujan turun. Sehingga mengakibatkan terjadinya kebakaran. Dilokasi tidak ditemukan tanda tanda aktifitas masyarakat atau nelayan.

Tim pemadam yang diturunkan mencapai 80 orang. Diantaranya dari Polsek Muara Kaman, Tim Rescue PT ATK, BPBD Kukar dan Tim Manggala Agni. Dengan menggunakan 6 unit alkon milik PT ATK, 2 unit ekskavator milik PT ATK, 1 unit jonder milik PT ATK, 1 unit Panser milik PT ATK dan 2 unit mobil patroli milik PT SKL dan PT AEK.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

11 − 4 =