Polsek Samboja Lakukan Pengamanan Aksi Damai KUD Samboja Bumi Sejahtera

KUKAR – Polsek Samboja melakukan pengamanan dalam aksi damai yang dilakukan oleh Koperasi Unit Desa (KUD) Samboja Bumi Sejahtera. Di PT Pertamina Hulu Indonesia (PHI) Regional 3 Zona 9 Sanga-sanga Field Area Produksi Samboja. Di RT 6 Kelurahan Sungai Seluang, Kecamatan Samboja. Aksi dilakukan pada Rabu (15/5/2024).

Mereka menyuarakan aspirasi agar sumur minyak tua yang ada di wilayah mereka dapat dikelola oleh KUD bekerjasama dengan Pertamina EP, sesuai dengan Peraturan Menteri ESDM Nomor 01 Tahun 2008. Massa berkumpul di Kantor Sekretariat KUD Samboja Bumi Sejahtera dan kemudian berkonvoi menuju lokasi aksi.

Kapolsek Samboja, IPTU Sutomo, memimpin apel pengamanan yang melibatkan berbagai pihak keamanan, termasuk Dit Pam Obvit Polda Kaltim, Yonkav 13/SL, Koramil 0906-06/Sbj, Polsek Samboja, dan Security PT. PHI Pertamina EP. Petugas pengamanan diinstruksikan untuk bertindak humanis dan mengutamakan negosiasi demi menjaga ketertiban selama aksi berlangsung.

Pada pukul 12.00 WITA, dilakukan audiensi antara KUD Samboja Bumi Sejahtera dengan perwakilan PT. PHI EP Sanga-sanga. Dalam audiensi ini, Ketua KUD, Salim, menyampaikan berbagai aspirasi dan keluhan mereka, sementara perwakilan PT PHI EP Sanga-sanga, Rully, menyatakan bahwa pihaknya akan menindaklanjuti permohonan tersebut dan berusaha menjadwalkan forum audiensi lanjutan dengan SKK Migas.

Aksi damai ini berakhir pada pukul 13.30 WITA dengan situasi yang tetap aman dan terkendali. Massa kemudian membubarkan diri secara tertib dari lokasi aksi. Pihak KUD Samboja Bumi Sejahtera berharap akan ada titik terang dan keputusan segera terkait permohonan mereka.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 + 12 =