Operasi Ketupat 2024: Kesiapan Polres Kutai Kartanegara dalam Mengamankan Idul Fitri 1445 H

KUKAR – Polres Kutai Kartanegara menggelar Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2024, di halaman Makopolres Kutai Kartanegara. Kegiatan yang dilaksanakan pada Rabu (3/4/2024) ini merupakan bagian dari persiapan pengamanan Idul Fitri 1445 H tahun 2024 di wilayah Polres Kutai Kartanegara.

Apel yang dipimpin oleh Kapolres Kutai Kartanegara, AKBP Heri Rusyaman, didampingi oleh Asisten Administrasi Umum Pemkab Kutai Kartanegara Dafip Haryanto dan Dandim 0906/Kukar Letkol (Czi) Damai Adi Setiawan.

Dalam amanatnya, Kapolri mengungkapkan rasa syukur atas kesempatan melaksanakan apel gelar pasukan ini sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan operasi Ketupat 2024. Menyikapi hasil survei terkait kepuasan masyarakat atas pengamanan arus mudik tahun sebelumnya, Kapolri menegaskan pentingnya menjaga dan meningkatkan kualitas pelayanan dan pengamanan untuk tahun ini.

Dengan adanya prediksi peningkatan jumlah pemudik sebesar 56,4% dibandingkan tahun sebelumnya, Presiden Jokowi menekankan pentingnya mudik lebih awal untuk mengantisipasi lonjakan tersebut. Operasi Ketupat 2024 melibatkan 155.165 personel selama 13 hari, dengan persiapan pos pengamanan dan pelayanan yang mencapai 5.784 pos.

Terkait pengaturan lalu lintas dan penyeberangan, Polri bersama Kementerian Perhubungan dan Kementerian PUPR telah mengeluarkan kebijakan yang diharapkan dapat mendukung kelancaran arus mudik dan balik. Selain itu, aspek keamanan dari gangguan kamtibmas juga menjadi perhatian penting, termasuk pengamanan rumah yang ditinggalkan dan lokasi wisata.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

17 + 9 =