Antisipasi Karhutla, Respon Cepat Bhabinkamtibmas Datangi Titik Hotspot

Kukar – Bhabinkamtibmas Polsek Sanga Sanga mendatangi lokasi titik hot spot di wilayah Kecamatan Sanga Sanga, melalui aplikasi Lembuswana bisa diketahui berapa jumlah titik api serta bisa diketahi dimana koordinatnya, Sabtu (05/08/2023).

Dari hasil pemantauan aplikasi Lembuswana terdapat 1 titik api di wilayah Kel. Pendingin Kecamatan Sanga Sanga dengan titik koordinat – 0,688917 . -117.2631422 berdasarkan data yang di peroleh Bhabinkamtibmas Polsek Sanga Sanga melakukan pengecekan ke daerah yang dimaksud.

Setibanya dilokasi titik api tersebut berasal dari tumpukan batu bara di stockpile yang terbakar karena cuaca yang panas, Bhabinkamtibmas dan personel Polsek Sanga Sanga melakukan koordinasi dengan pihak perusahaan, selanjutnya Bhabinkamtibmas menghimbau dan berpesan kepada pihak perusahaan agar dapat memadamkan titik api tersebut dengan cara memisahkan batu bara yang terbakar agar titik api tidak membesar yang asapnya sampai ke pemukiman warga yang dapat mengganggu pernafasan.

Namun personil Bhabinkantibmas Polsek Sanga Sanga akan melaksanakan pengecekan kembali untuk memastikan api tidak menyala kembali.

Kapolres Kutai Kartanegara AKBP Hari Rosena, S.H, S.I.K, M.Si melalui Plh. Kapolsek Sanga Sanga IPTU Suranto, S.H mengatakan titik Hotspot berasal dari satu sumber api yang menyebar, cuaca yang panas dan angin yang kencang ditakutkan api bisa kembali menyala maka perlunya koordinasi dengan pihak perusahaan dalam penanggulangan Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan sehingga kejadian yang terjadi setiap tahunnya dapat diminimalisir”,

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

six + 9 =